Mandriva Linux Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya



Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager. Salah satu distribusi Linux, lahir diinspirasi oleh RedHat Linux, dengan banyak pengembangan dan aplikasi prakonfigurasi sehingga memudahkan untuk para pemula, baik dari proses awal instalasinya yang berbasis Xwindow, sampai penggunaannya dan didukung oleh berbagai bahasa.

Di dalam Mandrake, semua paket telah dikompilasi dengan optimasi CPU untuk kelas Pentium (intel, amd, cyrixm winchip) dan prosesor di atasnya dan menghasilkan optimasi lebih dari 30%. Menggunakan paket manajer disebut urpmi. Sampai versi 8.0 masih menggunakan nama mandrake, versi 8.1 – 9.2 menggunakan nama mandriva.


Kelebihan :

  • Mudah digunakan untuk pengguna Linux yang newbie atau masih baru berkenalan dengan OpenSource.
  • Sudah ada Mandriva Control Centernya.
  • Deteksi Hadware yang lumayan memuaskan.
  • Distro Linux dengan tampilan Desktop yang user friendly.Serta paket-paket software RPM nya yang mudah didapat.

Kekurangan :

  • Kebutuhan sumber daya prosesor dan memori yang ‘rakus’ dibandingkan dengan distro lainnya misalnya Linux Slackware.
  • Jika di bandingin dengan ubuntu, paket aplikasi nya kalah banyak, karena mandriva/mandrake hanya memerlukan paket yang sudah terbukti di pakai oleh orang banyak.
  • Jika di bandingin soal desktop, pengguna ubuntu lebih banyak (sekarang ini) daripada mandriva, karena ubuntu sebelumnya memberikan cd ubuntu gratis ke orang lain. Di bandingkan dengan distro linux yang tidak memberi cd gratis.
  • Soal server, masih kalah dengan kakanya si Redhat/Fedora/Centos. Meskipun demikian, banyak juga yang menggunakan mandriva sebagai server, karena kemudahan settingnya.
  • Kalo rata-rata distro linux lainnya punya pakem sendiri-sendiri, mandriva tidak. mandriva lebih flexible, dalam artian, mandriva bias menerima paketan aplikasi dari distro lainnya.

Sumber :yanuanda.id

slackware, pengertian, distro linux, sejarah, macam macam, kelebihan dan kekurangan linux redhat, fungsi mandriva linux, kelebihan dan kekurangan slackware, kelebihan dan kekurangan debian, pengertian linux mandriva, linux mandrake, kelebihan dan kekurangan suse

Comments

Post a Comment