Etika Berkomentar Dalam Dunia Maya

Etika Berkomentar Dalam Dunia Maya


KOMVAK - Dalam social media terdapat banyak manusia dengan latar belakang berbeda-beda dimulai dari yang muda hingga tua. Kata etika secara umum adalah suatu kebiasaan dalam individu dalam menyikapi situasi dimana individu tersebut berada. Social media seperti Facebook, Twitter, LINE, Whatsapp dapat menjadi suatu sarana untuk menghubungkan komunikasi antar orang lain yang mungkin kita kenal di dunia nyata maupun tidak.

Ciri- ciri komentator yang tidak baik dan harus diwaspadai oleh kita sebagai generasi muda adalah komentator yang memihak satu pihak dan yang lain dijelekkan sehingga memicu amarah warga netizen di dunia maya.

Jaman di mana teknologi meningkat membuat etika para pemuda sekarang menurun sehingga mereka dengan mudahnya mengakses situs berbahaya dan mencontohkan hal-hal yang tidak baik seperti berkata kasar, memukul teman sebaya, menghina orang yang lebih tua dan mudah terpengaruh dengan hal- hal yang ekstrim. Maka dari itu peran orang tua beraksi dimulai dengan pendekatan keluarga yang harmonis.

Tetapi bukan hanya anak – anak saja yang dapat berkata – kata secara verbal atau tertulis karena penyebabnya adalah dari lingkungan dimana anak itu dibesarkan sehingga anak tersebut yang sekarang menjadi bagian dari masyarakat membawa sikap yang tidak mencerminkan suatu kedewasaan yang matang malah membawa kekacauan yang tidak ada artinya.

Akibatnya seorang anak jika tidak diajarkan yang baik maka dia akan punya pemikiran yang radikal dan menghina salah satu suku sehingga menyebabkan pemecahan antar golongan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita sebgai pengguna social media mengomentari suatu artikel baik dalam membagi konten maupun berkomentar sebagai netizen yaitu Bacalah artikel dengan teliti sehingga bisa berkomentar sesuai dengan isi artikel, gunakan bahasa yang baik dan sopan, jangan cepat emosi karena isi berita. Dan Sampaikan saran dan kritik yang membangun. Karena dengan komentar yang beretika maka anda dapat merubah situasi seseorang untuk menjadi pribadi yang baik.


opini, Tips Trik, Info, informasi, dunia, dunia maya, Sosial, cyber, etika, komentar, internet, internasional, belajar, Study, Pengetahuan Umum, artikel, bahasa, berita, TUTORIAL, dutadamai, dutadamaibanjarmasin, komvakdutadamai, komvak, dutadamai2017, bnpt, bnptri, damai, damailahri.

Comments