8 Taman Bunga Indonesia yang Tak Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa

8 Taman Bunga Indonesia yang Tak Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa
Eropa dikenal dengan taman-taman bunga yang sangat indah bahkan ketika musim semi tiba, banyak sekali hutan di Eropa yang tiba-tiba seakan memiliki karpet berwarna ungu, yang tidak lain karena bunga, yaitu jenis Bunga Blue Bells. Tapi disini berjalanjalan.com ga akan ngebas lebih jauh tentang bunga bunga di Eropa tadi karena kita juga 8 Taman Bunga Asli Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga di Eropa atau Netherlands.

Taman mana saja kah yang masuk dalam 8 Taman bunga paling kece Se-Indonesia versi berjalanjalan.com???

ini dia….
yang PERTAMA adalah
“Kota Bunga Tomohon, Sulawesi Utara“
Kota Bunga Tomohon, Sulawesi Utara 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa (2)Kota Bunga Tomohon, Sulawesi Utara, foto : http://ensiklopediaindonesia.com/
Taman bunga Ter-cantik yang pertama versi berjalanjalan.com adalah Kota Bunga Tomohon Sulawesi Utara, lebih tepatnya sih bungan Taman Bunga tapi merupakan Kota Bunga yang disetiap sudut kota ini banyak sekali di temui taman-taman bunga baik yang dikelola pemerintah, swasta atau perorangan termasuk juga taman-taman bunga untuk di jual.

Makanya gak heran kalau daerah Tomohon ini mendapat julukan kota bunga. Selain dikenal sebagai Kota Bunga Tomohon juga dikenal sebagai tempat berlangsungnya festival bunga tahunan yang biasanya diadakan atau di selenggarakan pada bulan Juni dan Juli setiap tahunnya.
festival bunga di Tomohon Sulawesi Utara 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga EropaKota Bunga Tomohon, Sulawesi Utara, foto : http://indonesiatimur.co/
Pemerintah Kota Bunga Tomohon juga selalu menganjurkan dan mengingatkan kepada para pengunjung atau wisatawan untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian koleksi tanaman yang ada di kota ini.


OKee Lanjutt…
yang Ke-Dua yaitu
“Taman Bunga Selecta, Malang”
Taman Bunga Selecta, Malang 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa berjalanjalan.com3Taman Bunga Selecta, Malang | foto : http://www.outboundindonesia.com/
Kota Malang adalah kota yang sedang berkembang seperti bunga angka pengunjung dan turisnya terus meningkat. Pariwisata di Kota Malang sudah tidak diragukan lagi, selain menjadi salah satu pintu gerbang pendakian Semeru dan Bromo, Malang memiliki sebuah taman bunga indah yang bernama “SELECTA” .

Taman Selecta ini juga termasuk taman bunga yang cukup tua di Indonesia. Bahkan menurut kabarnya taman ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Taman bunga Selecta ini termasuk taman yang memiliki banyak sekali koleksi bunga dan tanaman hias, bahkan hampir beberapa jenis bunga Nusantara ada di taman bunga ini.
Taman Bunga Selecta, Malang 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa berjalanjalan.com 2Taman Bunga Selecta, Malang | foto : lelietjevandalen.blogspot.com
Tiket masuk ke taman Bunga Selecta ini hanya Rp.25.000,- untuk perorangan, dan jika teman berjalanjalan bersama rombongan besar, harga tiket bisa turun menjadi Rp.20.000,- per orang.

Ditambah lagi kalau teman berjalanjalan ingin menikmati wahana permainan yang ada di taman selecta, maka diharuskan membayar biaya tambahan lagi dengan harga yang berbeda tiap masing-masing wahana, antara Rp.5.000,- sampai Rp.20.000.
Taman Bunga Selecta, Malang 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa berjalanjalan.com 1Taman Bunga Selecta, Malang | foto : worldtourismindonesia.blogspot.com
Yang unik yang ada di Taman Selecta di Malang ini adalah puncak Selecta, teman berjalanjalan bisa menyelusuri jalan setapak untuk mencapai puncak selecta dan dari sana teman berjalanjalan bisa melihat dan menikmati indahnya pemandangan alam yang begitu menyejukkan mata.

Seluruh bunga di taman Selecta ini terawat dengan sangat baik, para pengunjung juga dilarang keras untuk mencabut atau merusak bunga disini. Selain pihak pengelola yang menjaga taman ini agar tetap indah tentu kita sebagai mengunjung yang budiman dan bisa berfikir cerdas juga harusnya bisa ikut menjaga dengan tidak merusak dan TIDAKmembuang sampah sembarangan.

Masih mau melihat keindahan taman-taman bunga lainnya?

yuk lihat terus yaa kebawah selanjutnya yang KE-TIGA yaitu :
“Taman Orchid Atau Orchid Garden, Bali”
visit => www.baliorchidgardens.com
Taman Orchid Atau Orchid Garden, Bali 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 1Taman Orchid Atau Orchid Garden, Bali | Foto : http://www.liveshowtell.com/
Bali,

gak hanya terkenal dengan wisata alam dan wisata budayanya saja,,

tidak juga hanya dikenal dengan pantai nya yang indah indah dan tari kecaknya,

karena Bali mempunyai Orchid Garden, atau taman Anggrek. Koleksi Anggrek di Orchid Garden, Bali ini salah satu yang terbesar yang ada di Indonesia. Tidak hanya Bunga Anggrek yang menjadi koleksi utama disini, karena beberapa tanaman hias tropis juga ada di Orchid Garden.
Taman Orchid Atau Orchid Garden, Bali 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 2Taman Orchid Atau Orchid Garden, Bali | Foto : http://www.navigatorindonesia.com/
 Nah, untuk lokasinya Taman Orchid atau Orchid Garden, Bali berlokasi di Jalan Bypass Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Atau lebih tepatnya dari arah Sanur ke arah utara yang menuju ke Ubud. Orchid Garden ini juga masih tergolong tempat wisata baru yang berdiri sekitar tahun 1998. Tapi, walaupun masih tergolong baru Orchid Garden Bali ini pernah menduduki peringkat 10 sebagai tempat wisata terbaik dan paling banyak di cari..

di google 😀 


Eitss… jangan di close dulu karena kan baru 3, masih ada 5 lagi taman- taman bunga yang akan kita share disini..

Lanjutt lagiiii yang ke-empat, ini yang paling populer dan terbesar nih yaitu :

“Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat”
visit => www.tamanbunga-nusantara.com
Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 1
Berbicara tentang Cianjur pasti ga jauh-jauh dari yang namanya “BERAS” sebagai daerah penghasil beras yang dikenal wangi membuat beras menjadi salah satu yang terfikirkan saat orang berkata Cianjur. Tapi disini berjalanjalan akan ngebahas sisi lain dari Cianjur yaitu tentang keberadaan tempat wisata berupa taman yang bernama “Taman Bunga Nusantara”.

Taman Bunga Nusantara ini berada di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi – Cianjur, Jawa Barat.
spot to take pictures
Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat | Foto : http://rajatourbandung.com/
Untuk teman berjalanjalan yang menyukai berbagai jenis bunga maka Wajib hukumnya untuk mengunjungi Taman Bunga Nusantara yang ada di Bogor, Jawa Barat ini.

Didalam taman bunga yang super lengkap dan super besar ini pengunjung atau wisatawan akan menyaksikan hamparan bunga, ga cuma bunga karena disini juga banyak sekali jenis tumbuh-tumbuhan beraneka varietas yang didatangkan dari daerah di Nusantara dan dari berbagai belahan duren Dunia.
????????????????????????????????????
Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat | Foto : getready123.wordpress.com
Didalam area yang sangat luas tersebut ditanam banyak jenis bunga yang berasal dari Australia, negara-negara Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Didalamnya juga ada display bedding dengan luas sekitar 50.000 meter persegi.

Yang unik dari Taman Bunga Nusantara ini yaitu adanya Taman Labirin. Sebuah taman yg berdinding tanaman hijau yang di bentuk menyerupai tembok pembatas setinggi manusia (berdiri) dan membentuk lorong-lorong yang mana tujuan akhir atau titik finish memasuki labirin ini yaitu saat teman berjalanjalan berhasil mencapai titik tengah labirin.

Tapi ada tips nih buat teman berjalanjalan yang ga ingin tersesat caranya yaitu tetap berkomunikasi dengan teman yang naik ketas menara pemantai yang berada deket pintu masuk.
center
Taman Bunga Nusantara, Cianjur, Jawa Barat | Foto : http://novushotels.com
Slain itu Taman Bunga Nusantara juga memiliki taman taman lain yang unik dan menarik Seperti Taman Paris, Taman Jepang, atau Taman Bali. Tanaman dan bunga pada taman ini merupakan ciri khas dari daerah-daerah tersebut. Begitu juga dengan dekorasi taman yang telah disesuaikan, sehingga teman berjalanjalan bisa merasakan suasana dari masing-masing taman yang dikunjungi.

Masih kuat bacanya?????

yuk dilanjut lagi ,, sekarang yang ke… ke-LIMA di posisi ke lima ini diduduki oleh :
“Taman Begonia Lembang, Jawa Barat”

Taman Begonia Lembang, Jawa Barat 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 1Taman Begonia Lembang, Jawa Barat | Foto : qefyalghifari.blogspot.com
Taman Bunga yang berada di Lembang, Bandung, Jawa Barat ini memiliki nama lengkap yaitu Taman Begonia Glory, Taman Bunga Begonia adalah kawasan taman bunga yang dilengkapi dengan beraneka ragam bunga-bunga taman seperti :
  • Bunga Celosia
  • Melampodium
  • Bunga Impatiens
  • Bunga Salvia
  • Geranium, dan banyak lagi bunga lainnya.
Taman Begonia Lembang, Jawa Barat 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 2Taman Begonia Lembang, Jawa Barat | Foto : http://tempatwisatadibandung.info/
Kenapa taman bunga ini di beri nama BEGONIA?

yaa karena memang taman ini di dominasi oleh jenis bunga Begonia yang banyak tumbuh di daerah Bali.

Taman Begonia Lembang ini berada di ketinggian 1200 Mdpl. Didirikan juga sebagai tempat untuk budidaya beraneka macam tanaman bunga sekaligus juga sebagai kawasan wisata alam.

Maka dari itu beragam fasilitas pun ada di sini sehingga bisa menjaga kenyamanan para wisatawan atau pengunjung di Taman Begonia ini, dan salah satunya adalah adanya fasilitas Cafe yang memiliki menu makanan yang enak enak.
Taman Begonia Lembang, Jawa Barat 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 3Taman Begonia Lembang, Jawa Barat | Foto : travelfoodaddict.blogspot.com
Bagaimana? tertarik untuk melihat keindahan bunga-bunga Begonia dia Taman Bunga Begonia Lembang ini?

Masih Berlanjut

Sekarang yang ke-enam yaitu :
“Taman Bunga Sakura, Kebun Raya Cibodas”
Taman Bunga Sakura, Kebun Raya Cibodas 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 1Taman Bunga Sakura, Kebun Raya Cibodas | Foto : jitunews.com
Bunga Sakura merupakan bunga nasional Negara Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu pada awal dan akhir bulan April. Menurut masyarakat Jepang bunga Sakura diyakini merupakan wujud representatif kehidupan dan kematian. Lambang kesementaraan dan kefanaan hidup.

Bunga sakura ini sangat indah saat bermekaran, tapi mekarnya bunga ini hanya berkisar selama dua minggu, setelah itu, Bunga sakura akan layu, kemudian berguguran dan wussssss…… hilang ditelan masa lalu angin.
Taman Bunga Sakura, Kebun Raya Cibodas 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 2Taman Bunga Sakura, Kebun Raya Cibodas | Foto : henridaros.files.wordpress.com
Nah, Saat ini keindahan dari bunga sakura gak hanya bisa dinikmati di Negara Jepang saja, Karena di beberapa kota di Indonesia, pohon sakura ini bisa tumbuh, seperti di Bogor, Surabaya dan Batam.

Salah satunya yaa ini, jika teman berjalanjalan berwisata di daerah Cibodas, Jawa Barat maka berjalanjalan lah ke kebun Raya Cibodas, karena siapa tau bisa melihat mantanbunga sakura.

diKebun Raya Cibodas ini terdapat bunga sakura yg sudah ditanam sejak tahun 1953.. woww.. sudah kakek-kakek nih bunga sakuranya hehe….

Mari mariiii berlanjut yang ke-Tujuh

yaituuuu………….

“Taman Bunga Cihideung, Bandung”
Taman Bunga Cihideung, Bandung 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 1Taman Bunga Cihideung, Bandung | Foto : http://visitlembang.com/
Sebagai daerah dengan udara dingin, Jawa Barat atau Bandung memiliki banyak taman-taman bunga yang tentunya akan tumbuh dengan sangat cantik di udara yang sejuk. Setelah tadi ada taman bunga Nusantara dan lain lainnya kini masih di daerah Jawa Barat, yaitu BANDUNG lebih fokus lagi yaitu daerah Cihideung yaitu Taman Bunga Cihideung, Bandung.
Taman Bunga Cihideung, Bandung 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 2Taman Bunga Cihideung, Bandung | Foto : http://www.bandungtourism.com/
Taman Bunga atau lebih tepatnya tempat show off para bunga-bunga sekaligus banyak juga yang berjualan bunga yaaa sebenarnya disini sih lapak- lapak penjual bunga sih, nah ini lokasinya ada di sepanjang jalan parompong, Cihideung.

Nah, kalau teman berjalanjalan mau menuju ke Lembang dari Bandung nah jalurnya ambil yang melewati Parompong atau Cihideung nanti pasti sepanjang jalan akan menemukan buaaaanyak sekali toko-toko bunga yang bagus di sepanjang jalan

So,, Happy Hunting si Bunga….

Oke akhirnya ini yang Terakhir yang ke-Delapan yaitu …………..
“Kebun Bunga Mawar Gumur Sidomulyo, Malang”
Kebun Bunga Mawar Gumur Sidomulyo, Malang 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 1Kebun Bunga Mawar Gumur Sidomulyo, Malang | Foto : www.liburananak.com
Dari Cihideung Bandung Kita meluncur ke Jawa Timur, Jawa Timur memiliki beberapa wisata agro yang menarik untuk dikunjungi. Jika teman berjalanjalan disini ingin liburan yang al ala romantis gitu, bisa nih coba datang ke daerah Sidomulyo, Batu.

Berada di ketinggian 1.100 mdpl membuat Desa Sidomulyo, Batu, Jawa Timur ini sangat cocok untuk perkebunan bunga utamanya yaitu Bunga Mawar. Selain karena alamnya yang indah, wisata di kebun bunga mawar ini juga gak kalah menarik karena kita bisa melakukan petik sendiri bunga mawar yang kita inginkan, tentunya kemudian kita bayar dulu sebelum dibawa pulang.
Kebun Bunga Mawar Gumur Sidomulyo, Malang 8 Taman Bunga Indonesia yang Ga Kalah Cantik dari Taman Bunga Eropa 2Kebun Bunga Mawar Gumur Sidomulyo, Malang | Foto : www.liburananak.com
Desa Sidomulyo ini sudah lama di kenal sebagai tempat budi daya bunga utamanya bunga mawar yang terbesar di Jawa Timur.

Untuk Letaknya sendiri cukup strategis dan mudah di capai, sekitar 8 km dari pusat Kota Batu. Aksesnya juga mudah, semua kendaraan bermotor bisa dibawa melancong ke kebun bunga ini…

OKee… itu lah tadi Delapan (8) Taman-Taman atau kebun bunga ter-kece, ter-Indah dan paling wow versi berjalanjalan.com, yuk kunjungi wisata Indonesia ga usah ke luar luar negeri dulu karena wisata kita juga masih buaaanyaak

tapi ingaat kalai main-main ke salah satu dari 8 taman bunga yang ada diatas harap jaga kebersihan dan kenyamanan dan buat alay alay trip adventure ya mau selfie-selfie rada make mikir dikit jangan sampai ngerusaak yaa…. karena kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi….. “mang ujang?” hahaha

Jangan lupa komen dan share ya man teman semua….


Info, informasi, Unik, dunia, alami, nature, bunga, flower, taman, garden, lokal, indonesia, eropa, cantik, 

Comments