Facebook dan Samsung Bikin Smartphone

Facebook Gandeng Samsung Bikin Smartphone?

Samsung dan Facebook telah bekerja sama melalui GearVR Oculus.

VIVAnews - Facebook dikabarkan sedang merayu Samsung untuk bekerja sama dalam pembuatan smartphone khusus. Ini merupakan vendor kedua yang dilobi Facebook.

Rumor pembuatan smartphone Facebook memang telah beredar sejak lama. Dulu, HTC disebut-sebut sebagai vendor yang diajak bekerja sama untuk smartphone ini.

Kini, Facebook pindah ke lain hati dan memutuskan untuk merayu Samsung. Rumor ini muncul dan diberitakan oleh media Korea. Ditulis oleh Korean Herald dan Korea Times, petinggi Facebook telah mendatangi kantor pusat Samsung di Seoul.

Dilansir melalui Business Insider dari kedua harian tersebut, Rabu 15 Oktober 2014, petinggi Facebook yang hadir adalah CEO Mark Zuckerberg dan COO Sheryl Sandberg. Keduanya dikabarkan menemui Wakil Direktur Samsung Elektronik Lee Jay Yong.

Pembuatan Smartphone Facebook ini dikabarkan memang merupakan impian Zuckerberg. Rencana ini telah dibuat matang selama bertahun-tahun.

Sebelumnya tersiar kabar jika HTC akan mengeluarkan HTC ChaCha yang di dalamnya dilengkapi tombol fisik didedikasikan untuk menggunakan menu Facebook tanpa harus menelusuri menu satu per satu.


Ponsel lainnya yang telah disiapkan HTC adalah First, yang di dalamnya memiliki sistem operasi Facebook Home. OS ini merupakan software lapis kedua yang digunakan di atas platform Android.

Sayangnya, kedua ponsel ini ditolak Facebook. Rumor mengenai kemungkinan diluncurkannya smartphone Facebook pun sempat hilang tak terdengar lagi.

Isu kerja sama Samsung dan Facebook mungkin saja. Pasalnya, kedua perusahaan telah melakukan kerja sama dalam hal perangkat virtual reality Oculus Rift. Oculus, yang diakusisi Facebook belum lama ini memiliki kacamata yang bisa menampilkan format realita virtual. Oculus dan Samsung bekerja sama menghadirkan headset GearVR.

Dalam kerja sama ini, Oculus menjadi penyedia teknologi yang disematkan di GearVR. Sedangkan Samsung berperan untuk menyediakan display guna mengembangkan Oculus Rift Development Kit 2, yaitu projek untuk bisa memanfaatkan layar Samsung Galaxy Note 3 untuk digunakan pada Oculus. (ita)

sumber: viva.co.id

Comments