Bagi yang Suka Akses Internet di Warnet

Tips Akses Internet di Warnet
Berikut beberapa tips yang dapat kalian terapkan untuk menghemat biaya ber-internet di Warnet.

  1. Carilah warnet yang memiliki speed atau kecepatan akses yang bagus, sebaiknya bandingkan dahulu antara warnet yang satu dengan yang lainnya.
  2. Datanglah ke warnet pada saat pemakainya sedikit, misalnya tengah malam atau pagi-pagi sekali. Karena kecepatan akses di warnet dibagi, jadi apabila pemakainya sedikit secara otomatis kecepatan aksesnya relatif lebih cepat daripada saat ramai.
  3. Cari warnet yang komputernya bagus dari segi hardware-nya. Hal ini dimaksudkan supaya aksesnya cepat. Kalau akses internetnya lambat ditambah dengan kinerja komputer yang lambat menyebabkan kurang nyaman.
  4. Kalau mau membaca e-mail, buka account email, buka masing-masing e-mail di window baru atau tab baru, kemudian simpan masing-masing halaman tersebut. Jangan dbaca di warnet, kalau kalian membaca semua di warnet akan lebih lama. Apabila halamannya tidak dapat disimpan, blok bagian yang mau dikopi, klik kanan > Copy > Paste di txt editor (Ms.Word, Open Office, Notepad, WordPad). Menu copy atau paste juga dapat dilakukan dari menu Edit di browser apapun. Kalau sulit memblok, tekan Ctrl + A atau dari menu Edit pilih Select All, kemudian Copy, dan Paste di tempat tujuan. Untuk menyimpan halaman web dengan tipe file *.htm, pada waktu akan menyimpan, pilih SaveAs type > WebArchive (*.htm). File-file yang disimpan kini bisa dibaca di rumah. 
  5. Apabila aksesnya agak lambat, gambar tidak perlu ikut ditampilkan. Caranya: Untuk pengguna Internet Explorer pilih menu Tools > Internet Options > pilih menu tab Advanced > pada bagian multimedia silahkan uncheck pilihan Show pictures. Bagi pengguna Mozilla Firefox, pilih menu Tools > Options > Content > uncheck pilihan Load imeges automatically. Ini akan mempercepat proses loading, karena beban aksesnya sudah dikurangi.
  6. Sebelum pergi ke warnet, catat dahulu apa-apa yang akan dikerjakan di warnet, misalnya: cek e-mail, download, dan lain-lain.
sumber: buku TIK SMP/MTs kelas 9

Comments