Alat-Alat Optik

Alat atau Perkakas (Inggris: tools) adalah benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Sedangkan kata optik berasal dari bahasa Latin ὀπτική, yang berarti tampilan.
Alat optik merupakan alat yang bekerja berdasarkan prinsip cahaya.

Optik adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Pelangi dan bayangan adalah contoh gejala optis. Banyak orang mendapat manfaat dari kacamata atau lensa kontak, dan optik digunakan di banyak barang konsumen termasuk kamera.

Cermin dan lensa serta prinsip kerjanya memberikan sarana pemahaman bagi pemanfaatannya untuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip optik (cermin dan lensa) digolongkan sebagai alat optik.

1. Alat Optik Alami:

Mata
Mata
Salah satu alat optik alamiah yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta adalah mata. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan aqueous humor. Intensitas cahaya yang masuk ke mata diatur oleh pupil.

Bahkan prinsip kerja alat optik buatan hampir secara keseluruhan mengadopsi prinsip kerja mata. Tanpa mata alat-alat optik buatan lainnya hampir tidak mungkin untuk diciptakan.


2. Alat Optik Buatan:

Lup
Lup (Kaca Pembesar)
Lup atau kaca pembesar adalah alat optik yang terdiri atas sebuah lensa cembung. Lup digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar nampak lebih besar dan jelas. Ada 2 cara dalam menggunakan lup, yaitu dengan mata berakomodasi dan dengan mata tak berakomodasi.

Sifat bayangan yang dihasilkan yaitu: maya, tegak dan diperbesar.

Pada kehidupan sehari-hari, lup biasanya digunakan oleh tukang arloji, pedagang kain, pedagang intan, polisi, dan sebagainya.

Mikroskop

Mikroskop
Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar tampak jelas dan besar.Hampir sama fungsinya dengan lup, namun mikroskop memiliki ketelitian yang jauh lebih baik dibandingkan lup.


Sifat-sifat bayangan yang terbentuk pada mikroskop sebagai berikut:

• Bayangan yang dibentuk lensa objektif adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.
• Bayangan yang dibentuk lensa okuler adalah maya, tegak, dan diperbesar.

• Bayangan yang dibentuk mikroskop adalah maya, terbalik, dan diperbesar terhadap bendanya.




Teropong Bintang

Teropong Bintang
Teropong atau teleskop adalah alat optik buatan yang digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh agar tampak lebih jelas dan dekat seperti bintang dan planet.

Kamera

Kamera
Kamera merupakan alat optik buatan yang berfungsi untuk mengambil gambar benda atau objek tertentu melalui bantuan cahaya dan lens cembung. Kamera adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan bayangan fotografi pada film negatif.

Teropong Medan/Teropong Bumi

Teropong Medan/Teropong Bumi
Teropong medan digunakan untuk mengamati benda-benda yang jauh di permukaan bumi.

Sifat bayangan yang dibentuk teropong medan adalah maya, tegak, dan diperbesar.

Periskop

Periskop
Periskop adalah teropong pada kapal selam yang digunakan untuk mengamati benda-benda di permukaan laut.

Proyektor Slide

Proyektor
Proyektor slide adalah alat yang digunakan untuk memproyeksikan gambar diapositif sehingga diperoleh bayangan nyata dan diperbesar pada layar.

Oftalmoskop

Oftalmoskop
Alat ini dipakai untuk memeriksa retina mata.

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat!

mikroskopkameraperiskopteropongpengertiancahayagif300x217 copymatalensasekrup pengarahlensa okuler, alat alat optik dan fungsinya, alat optik fisika, materi optika geometri dan alat-alat optik, alat alat optik dan rumusnya, materi alat optik, manfaat alat alat optik dalam bidang teknologi, rumus alat optik, alat optik kamera, juan matafungsinyasehatbagian bagianbagian matanutrisivitamin, mata manusia, pengertian mata, fungsi mata, struktur mata, bagian mata, fungsi mata secara umum, fungsi lensa mata, anatomi mata, kaca pembesaradventure zonepembesar lupoptik luplup kaca, lup fisika, pengertian lup dan fungsinya, lup gambar, fungsi lup, bagian bagian lup, sifat bayangan lup, harga lup, cara kerja lup, fungsifungsinyapngmikroskop binokulerbagian bagian mikroskoppengertiansekrup pengarahmikroskop cahaya, mikroskop dan fungsinya, mikroskop cahaya, sejarah mikroskop, pengertian mikroskop, fungsi mikroskop, gambar mikroskop, mikroskop binokuler, jenis jenis mikroskop, celestron powerseekermemperbesarlensa okulermonocular spacespace astronomicalastronomical telescope, harga teropong bintang tercanggih, harga teropong bintang celestron, jual teropong bintang bekas, teropong bintang fisika, hasil teropong bintang, cara membuat teropong bintang, teropong bintang bandung, teropong bintang digunakan untuk, dslr canoncamerafujifilmeos 1500dkamera mirrorlesskamera dslrmalangtravelingdslr nikonkamera canon1300d1500d kitcanon eos, kamera digital slr, harga kamera, kamera mirrorless, kamera canon, harga kamera pocket, harga kamera mirrorless, harga kamera dibawah 2 juta, jual kamera canon, prismalensabayanganterb1alat optikberakomodasiakomodasipembentukan bayanganberakomodasi maksimumlensa pembalik, cara kerja teropong bumi, fungsi teropong bumi, rumus teropong bumi, contoh soal teropong bumi, gambar teropong bumi, bagian-bagian teropong bumi, pembentukan bayangan pada teropong bumi, penemu teropong bumi, periscopeperiskop sederhanamembuat periskopkartonperiscopioteropongprinsipbayangan, fungsi periskop, sejarah periskop, periskop sederhana, bagian bagian periskop, cara kerja periskop, rumus periskop, manfaat periskop, gambar periskop, lcdledlayarohplampuproyectorlumens dlp, pengertian proyektor slide, bagian bagian proyektor slide, cara kerja proyektor slide, proyektor digital, jenis proyektor bioskop, alat optik proyektor slide, jenis jenis proyektor, jenis proyektor dan harganya, oftalmoskopalat optiklensa okulerteropongcerminlupperiskopmataretinabayanganmacam macam, pemeriksaan oftalmoskop, oftalmoskop harga, oftalmoskop direk dan indirek, oftalmoskopi pdf, pemeriksaan ophthalmoscope, funduskopi, fungsi opthalmoskop, direct ophthalmoscope adalah.

Comments