Mengidentifikasikan sikap-sikap perkembangan anak usia dini
a. Aspek Moral agama, contohnya:
1) Ketika anak masuk rumah anak sudah dapat mengucapkan salam dan ank juga dapat menjawab salam
2) Anak sudah bisa menghafal doa sebelum tidur
3) Disekolah anak sudah bisa belajar praktek berwudhu
4) Anak sudah bisa melafalkan huruf hijaiyah disekolah
5) Disekolah anak sudah belajar praktek manasik haji
b. Aspek Sosial emosional, contohnya:
1) Dalam bermain anak sudah dapat bermain dengan baik tanpa mengganggu temannya yang lain
2) Anak sudah bisa berbagi makanan bersama teman sebaya
3) Anak sudah bisa melakukan kegiatan belajar bersama temannya atau kelompoknya
4) Anak sudah bisa saling membantu sesama teman
5) Anak sudah bisa memberikan bingkisan atau hadiah
c. Aspek Kemandirian contohnya:
1) Anak dapat memakai pakaian sendiri tanpa bantuan orang tua
2) Anak dapat meletakkan tas sekolah pada tempatnya tanpa menunggu perintah orang tuanya
3) Anak sudah dapat memasang sepatu sendiri tanpa dibantu orang tua atau gurunya
4) Anak sudah terbiasa bangun pagi, tanpa dibangunkan oleh orang tuanya
5) Anak sudah bisa menggosok gigi sebelum tidur
Perilaku anak usia 3-4 tahun.
1. Kemampuan bahasa
· Anak mulai memahami pembicaraan orang lain
· Anak sudah mulai berceloteh
· Anak terus belajar mengucapkan isi hati dan pikiran
· Anak sudah mulai fasih berbicara, dengan cara mengulang-ulang ucapannya sendiri
· Anak sudah bisa mengucapkan nama sesuatu (binatang, buah dan lain) dari gambar yang ia lihat.
2. Kemampuan fisik dan omotorik
· Bermain mainan yang bergerak, misal mendorong mobil-mobilan
· Berjoget-joget jika mendengar musik
· Berfose ketika difoto
· Memanjat untuk menggapai sesuatu yang lebih tinggi dari jangkauannya
· Berlari-lari dalam bermain
3. Kemampuan Kognitif
· Menanyakan nama sesuatu hal yang tampak asing bagi anak
· Anak sudah mengenal warna
· Anak sudah mengenal nama hari
· Anak sudah mengenal nama bilangan
· Anak sudah mengenal nama binatang
· Melakukan pengelompokan
· Melakukan urutan
Perilaku anak usia 4-6 tahun
1. Kemampuan bahasa
· Belajar membaca
· Belajar berhitung
· Belajar bernyanyi
· Belajar membaca doa
· Belajar bercerita dan bertanya
2. Kemampuan fisik dan motorik
· Menyusun balok
· Menggambar
· Melukis dengan alat bervariasi
· Belajar menari
· Belajar membuat origami
3. Kemampuan kognitif
· Mengenal lambang huruf
· Mengelompokkan warna
· Mengenal huruf hijaiyah
· Mengenal huruf vokal dan konsonan
· Mengenal alat musik
sumber: http://randy-tea.blogspot.com
a. Aspek Moral agama, contohnya:
1) Ketika anak masuk rumah anak sudah dapat mengucapkan salam dan ank juga dapat menjawab salam
2) Anak sudah bisa menghafal doa sebelum tidur
3) Disekolah anak sudah bisa belajar praktek berwudhu
4) Anak sudah bisa melafalkan huruf hijaiyah disekolah
5) Disekolah anak sudah belajar praktek manasik haji
b. Aspek Sosial emosional, contohnya:
1) Dalam bermain anak sudah dapat bermain dengan baik tanpa mengganggu temannya yang lain
2) Anak sudah bisa berbagi makanan bersama teman sebaya
3) Anak sudah bisa melakukan kegiatan belajar bersama temannya atau kelompoknya
4) Anak sudah bisa saling membantu sesama teman
5) Anak sudah bisa memberikan bingkisan atau hadiah
c. Aspek Kemandirian contohnya:
1) Anak dapat memakai pakaian sendiri tanpa bantuan orang tua
2) Anak dapat meletakkan tas sekolah pada tempatnya tanpa menunggu perintah orang tuanya
3) Anak sudah dapat memasang sepatu sendiri tanpa dibantu orang tua atau gurunya
4) Anak sudah terbiasa bangun pagi, tanpa dibangunkan oleh orang tuanya
5) Anak sudah bisa menggosok gigi sebelum tidur
Perilaku anak usia 3-4 tahun.
1. Kemampuan bahasa
· Anak mulai memahami pembicaraan orang lain
· Anak sudah mulai berceloteh
· Anak terus belajar mengucapkan isi hati dan pikiran
· Anak sudah mulai fasih berbicara, dengan cara mengulang-ulang ucapannya sendiri
· Anak sudah bisa mengucapkan nama sesuatu (binatang, buah dan lain) dari gambar yang ia lihat.
2. Kemampuan fisik dan omotorik
· Bermain mainan yang bergerak, misal mendorong mobil-mobilan
· Berjoget-joget jika mendengar musik
· Berfose ketika difoto
· Memanjat untuk menggapai sesuatu yang lebih tinggi dari jangkauannya
· Berlari-lari dalam bermain
3. Kemampuan Kognitif
· Menanyakan nama sesuatu hal yang tampak asing bagi anak
· Anak sudah mengenal warna
· Anak sudah mengenal nama hari
· Anak sudah mengenal nama bilangan
· Anak sudah mengenal nama binatang
· Melakukan pengelompokan
· Melakukan urutan
Perilaku anak usia 4-6 tahun
1. Kemampuan bahasa
· Belajar membaca
· Belajar berhitung
· Belajar bernyanyi
· Belajar membaca doa
· Belajar bercerita dan bertanya
2. Kemampuan fisik dan motorik
· Menyusun balok
· Menggambar
· Melukis dengan alat bervariasi
· Belajar menari
· Belajar membuat origami
3. Kemampuan kognitif
· Mengenal lambang huruf
· Mengelompokkan warna
· Mengenal huruf hijaiyah
· Mengenal huruf vokal dan konsonan
· Mengenal alat musik
sumber: http://randy-tea.blogspot.com
Comments
Post a Comment